Monday, July 22, 2013

Pengertian Film Dokumenter

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasi sebuah kenyataan. Pada pengembanganya muncul istilah baru yaitu dokudrama. Dokudrama yaitu genre dokumenter dimana pada beberapa bagian film disutradarai terlebih dahulu dengan perencanaan yang detail.

Seiring majunya zaman, dokumenter modern telah membarui film dokumenter sebelumnya. Para analisi box office telah mencatat bahwa genre film ini telah menjadi sukses dengan bukti banyaknya film yang sudah dirilis dibioskop. Bila dibandingkan dengan film naratif dramatik, film dokumenter lebih dibuat dengan anggaran biaya yang murah. Hal ini cukup menarik bagi perusahaan perfilman sebab hanya rilis bioskop yang sebatas dapat mendapat laba besar.

Kesuksesan mutakhir film dokumenter terbukti dengan kemunculan kepingan DVD, telah menagguk keuntungan finansial walau tanpa rilis bioskop. Meski begitu pendanaan film dokumenter tetap eksklusif. Dokumenter modern saling tumpang tindih dengan program televisi, dengan kemunculan reality show yang sering disebut sebagai dokumenter namun pada dasarnya kerap merupakan kisah fiktif.

Film Kompilasi adalah bentuk dari film dokumenter yang lain. Bentuk film ini tidak jauh beda dengan dokumenter yang lain. Hanya film ini lebih menyampaikan pesan pada audiens.