Wednesday, July 24, 2013

Sejarah Keberadaan Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh militer AS pada tahun 1969, mulai dari proyek ARPA dan mulai disebut ARPANET(advenced research project agency network), dimana mereka mendemonstrasikan hardwere dan software berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi hingga jarak yang tak terhingga.

Tujuan utama dibangun proyek ini adalah untuk keperluan militer AS. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika membuat jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan kimputer di daerah - daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yaitu Stnford research institute, University of california, Santa of barbara, University of utah. dan secara umum ARPANET dikenalkan pada tahun 1972. Tidak lama kemudia ARPANET berkembang pesat didaerah AS, dan universitas di daerah tersebut bergabung hingga membuat ARPANET kesulita.

Pada akhirnya ARPANET dipecah menjadi dua antara lain MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET yang baru untuk keperluan non militer. Kemudian gabungan dari keduanya menjadi DARPA internet yang akhirnya disederhanakan menjadi internet.

Seiring berkembangya internet di AS pada masa itupun akhirnya dunia mulai memandang internet untuk dipublikasikan di negaranya masing - masing, dan hingga saat ini internet terus berkembang.