Sunday, June 16, 2013

Software 3d Terfavorit Dan Memiliki Graphick Bagus

Software 3d kini sudah marak diindustri perfilman. Software 3d adalah salah satu hal yang harus dimiliki bagi industri perfilman besar seperti Warner Bros, Walt Disney, Columbia Picture, dll. Namun software ini sangat mahal untuk didapat, Bahkan untuk mendirikan sebuah studio 3d saja harus mengeruk dana yang melebihi untuk mendirikan sebuah industri film. Namun anda masih bisa menikmati software yang gratisan untuk yang sekedar digunakan belajar. Dipostingan kali ini saya akan membahas tentang software 3d terfavorit.

1. Blander
Blander adalah software 3d paling ringan untuk Pc. Selain itu Blander juga memiliki graphick, antialiasi, modeling yang bagus. Kita ambil contoh film "Big Bugs Bunny", difilm tersebut sudah terlihat jelas dengan modeling yang halus, graphick yang memanjakan mata dan sebagainya. Namu salah satu kekurang dari Blander adalah tidak bersahabat/user friendly bagi pemula. Karena software tersebut hanya memainkan shortcut.


2. Autodesk 3d Modeling
Sofware yang paling user friendly, serta adalah industri software graphick besar yang bernama Autodesk. Software ini memiliki berbagai software modeling 3d, antara lain 3ds Max, Maya, Mudbox, Flame, Softimage, Motion Builder, dan FBX. Keunikan dalam setiap software 3d dari Autodesk yaitu disetiap software memiliki kemampuan yang berbeda dengan yang lain. Film G.I Joe contohnya yang telah sukses membawa nama Autodeks terkenal. Dalam film G.I Joe Rise to Cobra telah memakai semua software Autodesk.

3. Cinema 4d
Salah satu aplikasi 3d yang user friendly, di software ini anda bisa memilih berbagai edisi, itu tergantung lingkungan 3d anda dalam pekerjaan. Selain 3d software ini juga bisa membantu untuk membuat film 4d, salah satunya film Jurassic Park yang membuat sosok dinosaurs dalam film tersebut terlihat nyata. Software ini merupakan software yang menyediakan aplikasi 3d maupun 4d paling lengkap, itulah mengapa dalam software ini diberi berbagai edisi untuk menyesuakan lingkungan 3d yang anda inginkan.

4. ZBrush
Software 3d asli bawaan Pixologic. Selain 3d yang berkesan, ZBrush juga memiliki berbagai fitur effeck video yang mengagumkan. Ambil saja contoh film Tron Legacy, di film tersebut anda bisa menemukan berbagai effeck 3d seperti light, distroy lightning, dll. Selain Tron Legacy juga ada film lagi yang menggunakan ZBrush, yaitu Pirates of Carribien yang membuat karakter Davi Jones berkesan dengan jenggot gurita yang terbuat dari ZBrush.


5. Modo
Modo adalah software bawaan Luxology, selain itu software ini juga dipercaya oleh Pixar yang salah satu dari studio 3d terbesar didunia. Modo paling sering digunakan untuk pembuatan model game PC, seperti Sly Cooper, Rage, dll. di games tersebut anda bisa mendapatkan keunggulan sebenarnya dari Modo. Para game developer kebanyakan juga memakai software ini. Tak hanya game Pc saja, Modo kini sudah merambat kedunia tablet dan mobile untuk memajangkan sayapnya.


Sebenarnya semua software 3d itu bagus semua, bagus jeleknya dalam film/game 3d itu tergantung dari penggunanya.