Saturday, June 22, 2013

Membuat Manipulasi Effeck Halilintar

Kali ini saya akan menggunakan model artis Dementor(peran antagonis dalam film Harry Potter). model tersebut akan saya buat manipulasi dengan menambahkan effeck - effeck kemampuan yang berbeda. Dementor adalah makhluk pemakan/pencuri kebahagiaan manusia, serta lingkungan selalu membeku bila didatangi/ditempati ia. Namun saya akan membuat sifat berbeda dari yang aslinya. simak tutorial manipulasi berikut.

1. Pertama buka adobe photoshop, karena saya mengedit melalui software tersebut. Setelah itu klik file-open atau ctrl+o, maka akan muncul jendela baru ketika itu pilih background berikut. Bila anda tidak memiliki bisa download disini.

2. Gunakan pen tool (p) untuk membuat path/sketsa pen tool berupa petir. Lalu gunakan Direckt selecktion all (a) - klik kanan pada path - pilih stroke path. pilih brush tool dan centang simulate pressure lalu Ok. Bila hasilnya beda dengan gambar dibawah ini, atur ulang brush tool lagi. Dan diwajibkan warna foreground saat itu putih/terang.

3. Kemudian klik menubar Layer - layer style - outer glow. Atur ukurang sesuai gambar berikut. Bila anda ingin lebih terang bisa diatur sendiri sesuai selera anda. Bila sudah pas klik Ok

4. Gunakan Dodge tool untuk membuat awan bercahaya karena halilintar. Cara menggunakannya cukup gosok awan yang hendak diterangkan dengan Dodge tool.

5. Lalu masukan gambar dementornya pada lembar kerja tadi. Sebelumnya seleksi terlebih dahulu untuk membuang background, sehingga hanya tersisa dementornya saja. Lalu letakan dementor di tempat gambar tadi dan cocokan suasana yang tepat untuk meletakan model tersebut.

6. Klik new layer dan beri nama "light". Buat lingkarang dibagian tangan kanan menggunakan brush yang bertipe Hard, setelah itu hapus bagian tengah dengan erasher tool bertype smooth.

7. Lalu klik menubar layer - layer style - outer glow. atur warna, ukuran selera anda, asal jangan gelap. Setelah selesai maka hasil sementaranya seperti ini.

8. Lalu seleksi gambar bulan berikut, hapus beckgroundnya, kemudian letakan layer objeck bulan tersebut dibawah layer "light". Lalu tambah layer lagi, gunakan brush tool untuk membuat warna. Setelah itu ubah mode layer menjadi color.

9. Lalu klik layer dementor, seleksi tangan kiri dementor tersebut menggunakan Polygonal lasso tool. Lalu tekan shortcut ctrl+j / duplikat. Letakan layer duplickat tadi paling atas.

10. Lalu unduh brush halilintar disini. Instal brush yang sudah diunduh dengan cara klik brush tool pada photoshop, lalu klik size brush - setting - load brush, kemudian pilih tempat folder brush yang telah diunduh tadi. Kemudian pilih brush halilintar yang sesuai dengan selera anda. Lalu tambah layer baru, buatlah halilintar disekeliling bola cahaya tersebut menggunakan brush halilintar.

11. Klik menubar layer - layer style - outer glow. Centang outer glow dan inner glow, kemudian atur setting outer glow seperti gambar dibawah ini, dan klik ok.

12. Anda bisa menambahkan halilintar lagi dibelakang objeck Dementor dengan setting yang sama seperti cara no 11, bila selesai maka hasilnya seperti ini.

13. Unduh brush smoke disini. Lalu instal brush tersebut seperti langkah no 10. Tambah layer lagi, kemudian klik brush - pilih brush smoke sesuai selera anda, lalu buatlah asap dengan brush tersebut diatas bola halilintar tersebut. Setelah itu hasi akhirnya akan seperti ini.
Selamat mencopa dan tetap menggapai asa.