Friday, August 2, 2013

Trend Gaya Bahasa Remaja Masa Kini

Pernah mendengar langsung percakapan sesama remaja? atau bila anda remaja, apakah anda merasakan bahwa ucapan anda memiliki ciri khas tersendiri?. Itu lah salah satau keunikan remaja masa kini, mereka tergolong slalu membesar-besarkan omongan, contohnya seperti ini bila ditanyai "siapa artis favoritmu?" kebanyakan dari mereka pasti akan menjawab "tentu Kevin viera, rambutnya tu bikin gue gag tahan, ditambah lagi gayanya". Coba perhatikan antara pertanyaan dan jawaban, pada pertanyaan mereka hanya disuruh menjawab artis tersebut tanpa alasan, namun kebanyakan selalu menambah-nambahi seolah ingin mengungkapkan apa yang ia senang.

Dengan kemampuan bahasa seperti itu kita bisa lihat bagaimana kualitas bahasa indonesia remaja saat ini. Memang bahasa non-baku sah-sah saja digunakan, asal maksud dan tujunya jelas. Pantas saja kebanyakan siswa selalu mengerjakn pilihan ganda ketimbang esai, itu dikarenakan mereka sulit menyampaikan maksud dengan baik. Sehingga sulit dimengerti orang lain, karena hanya bilang "kevin/artis yang lain" dan tidak disertai alasan. istilah inilah yang biasanya disebut alay(anak layangan). Apa itu alay? alay adalah tindakan seorang yang berlebihan pada suatu hal, kebanyakan para alay melakukan ini untuk membuang rasa membosankan pada diri mereka.

Anak zaman sekarang ya begitu kebanyakan bahasanya, yang mereka gunakan sehari-hari dalam kondisi apapun. Tapi itu semua tergantung pada pribadi masing-masing. Kita sebagai teman atau keluarga hendaknya menasehati agar sering memakai bahasa baku/hal postif lainya, karena bahasa alay tidak akan berguna didunia kerja yang menyangkut masa depan. Namun itu semua juga kembali pada diri sendiri bagaiman kita menyingkapinya.