Tuesday, July 2, 2013

Rumah Yang Sehat Bagi Keluarga

Rumah yang sehat tidaklah rumah yang memiliki harga tinggi atau rumah dengan design yang bagus. Tetapi rumah sehat adalah rumah yang aman bagi keluarga, aman yang dimaksut disini bukan aman dari tindakan kejahatan dan kriminal lainya, melainkan aman dari segala cuaca ekstrim serta aman dari binatang maupun bakteri dan kuman yang membahayakan dan tentu juga nyaman bagi keluarga.

Rumah sehat dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat serta memiliki potensi untuk menghemat biaya kesehatan. Setiap orang butuh rumah yang sehat dan beberapa masalah kesehatan paling serius bagi anak-anak dimulai dari rumah.

Jadi apa yang dapat anda lakukan?
Beberapa cara yang dapat membantu membuat rumah anda menjadi sehat untuk kehidupan keluarga. Dengan mengikuti prinsip berikut anda dapat menerapkan rumah sehat dikeluarga anda mulai dari sekarang.

1. Menjaga rumah anda tetap kering
Rumah yang basah dan selalu digenangi air yang tidak diperlukan dapat mengundang nyamuk, kecoak, tikus got, dan beberapa bakteri berbahaya lainya.

2. Menjaga rumah selalu bersih
Rumah bersih membantu mengurangi infestasi hama dan paparan kontaminan.

3. Menjaga rumah dengan bahan alami
Menjaga rumah dengan bahan kimia seperti pepstisida, obat nyamuk, dan sebagainya dapat memicu kesehatan keluarga. Lebih baik gunakan cara alami seperti menanam bunga lavender yang dapat mencegah nyamuk.

4. Membuat ventilasi
Ventilasi dapat meningkatkan pasokan udara segara yang baik untuk pernapasan dan berguna untuk memperbarui udara yang ada dalam rumah.

5. Menjaga rumah dari polusi udara bebas
Udara bebas seperti asap kendaraan, pabrik industri, dan lainya yang dapat merusak sistem pernapasan. Sebaiknya anda menanam pohon sebagai penyaring udara kotor.

6. Selalu menjaga keharmonian keluarga
Yang terakhir ini anda harus tetap menjaga keharmonian keluarga sehingga kegiatan merawat rumah dapat dilakukan dengan mudah serta baik untuk anak-anak.