Thursday, July 25, 2013

Dampak Positif dan Negatif Games

Game dizaman globalisasi sudah berkembang pesat sejag ditemukanya teknologi komputer. Selain itu semakin majunya perkembangan zaman game pun dapat dimainkan dengan banyak orang melalui tempat yang berbeda, sering sekali hal ini diistilahkan game online. Namun seiring perkembangan zaman gamepun juga memiliki sifat negatif jika tidak bisa mengatur.

Bagi anda yang menjadi orangtua, dan memiliki tindakan untuk mencegah anak anda untuk bermain game, itu merupakan hal yang salah. Bagaimanapun juga game juga memiliki sifat positif dan berpengaruh dengan kecanggihan teknologi sehingga jika ditinggalak, akan tertinggal oleh era modern.

Berikut ini saya rangkum dampak positif dan negatif pada game, simak tulisan berikutnya.

Dampak Positif
  • IQ - anak yang bermain game akan menambah IQ-nya. Kebanyakan orang tua mengira bahwa game membuat anak kurang pintar, hal ini salah. Karena game akan membuat andak menyelesaikan masalah yang disediakan oleh game, selain itu anak akan dapat menyerap dengan mudah bahasa asing yang terdapat dalam game.
  • Cara Belajar Baru - belajar yang serius mungkin akan menyerap beberapa persen ilmu yang dipelajari bagi sebagian anak, karena kebanyakan anak cenderung mudah bosan jika belajar dengan buku. Dengan game anak akan memiliki pembelajaran baru, selain itu anak juga dapat bermain sambil belajar, hal ini adalah kegiatan yang paling banyak disukai anak - anak.
  • Imajinasi - setelah bermain game anak akan berimajinasi bagi mana cara menyelesaikan misi dalam game. Hal ini adalah sifat yang bagus bagi anak karena dapat meningkatkan daya imajinasi.
  • Penglihatan - kebanyakan orang tua mengira game akan merusak penglihatan anak. Hal ini salah karena game akan meningkatkan tingkat ketelitian pada anak. Anak yang memiliki penglihatan tidak setabil, itu bukan dari game, tetapi dari cara dia bermain game.
  • Traumatic - game dapat menghilangkan sifat trauma pada seorang memiliki sifat traumatic pada suatu hal.
  • Kordinasi - game akan membuat otak mengalami kemudahan berkordinasi dengan tangan. Biasanya hal ini akan membuat anak mudah untuk melukis/menggambar.
  • Mood - selain itu game juga dapat memunculkan mood anak, bagaimana mood/suasana hati seorang anak dapat keluar dengan bermacam - macam.
Dampak Negatif
  • Ketagihan - anak yang keseringan bermain game, maka akan membuat ia ketagihan dan waktu game yang tidak terkontrol. Hal ini dibutuhkan peran penting untuk orang tua, karena sebagai orang tua harus mengatur kapan dan berapa jam ia bermain game.
  • Kurang Interaksi - terkadang anak/seorang harus berinterkasi kesesama manusia agar sosialisasi dapat terjaga dan tidak terasingkan dari teman maupun keluarga, anak/seseorang yang selalu bermain game tanpa memandang waktu dapat mengurangi interaksi sesama manusia. Hal yang baik adalah membuat dan membatasi waktu bermain game.
  • Kelumpuhan - keseringan dan tidak memandang waktu dalam bermain game akan menyebabkan kelumpuhan, hal ini anak/seseorang tidak menggerakan/memanaskan kaki dan terus - terusan untuk dibuat duduk. Apabila keseringan seperti ini dapat membahayakan jiwa.
Begitulah dampak positif dan negatif game, akan lebih baik bila diambil yang positifnya saja dan menindak lanjuti dampak negatifnya. Hal terpenting dari semua ini adalah waktu, anak/seorang harus memiliki jadwal/waktu sehari - hari yang tepat.