Saturday, June 29, 2013

Cara Membuat Tombol Animasi Di Flash

Tombol animasi biasanya digunakan agar kesan dalam pembuatan interaktiv tidak memboasankan, hal ini dapat masuk dalam nilai nirmana/keseimbangan. Oke dipostingan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tombol animasi minimalis dari software macromedia flash. Langsung saja simak.

1. Pertama bukalah software mackromedia flash, Lalu pada home flash pilih flash document/langsung saja ctrl+N.

2. Klik rectangle tool atau tekan shortcut (R), lalu atur properties seperti gambar dibawah ini.

3. Kemudian klik set corner radius pada tool option, maka setelah itu akan muncul jendela baru, isi ukuran corner radius 11 lalu klik ok.

4. Setelah itu buatlah objeck persegi panjang, lalu bila selesai klik kanan objeck tersebut - convert to symbol, maka akan muncul jendela baru lalu pilih button dan ok.

5. Lalu double klik objeck tersebut maka anda akan masuk pada button tersebut, kemudian klik objeck tersebut dan atur timeline color seperti gambar berikut

6. Tambah layer/insert layer pada timeline frame. lalu buatlah sebuah kata di objeck tersebut menggunakan text tool, setelah itu klik kanan pada text - convert to symbol - movie clip, kemudian klik kanan pada frame over dan layer yang berisi text tersebut lalu pilih insert key frame. Setelah itu blok kedua frame down lalu klik kanan - insert frame atau tekan f5.

7. Klik objeck layer 2 frame over, lalu menuju timeline filter (terletak di sebelah bawah samping timeline properties). Kemudian klik add filter (sebelum itu klik terlebih dahulu objecknya) - pilih glow, setelah itu atur pewarnaan dan sterngth seperti gambar berikut

8. Sampai disini tombol anda sudah jadi tekan ctrl+enter untuk test movie, lalu langkah selanjutnya mengisi actions agar tombol tersebut berguna. Klik objeck tersebut lalu - buka timeline actions yang terletak di sebelah bawah (diatas timeline properties), kemudian masukan code berikut :
on (release) {gotoAndStop(2); }

9. Setelah itu menuju timeline frame. Kemudian klik frame satu - lalu beri actions : stop();
Nah sampai cara ini untuk pemberian actions selesai, lalu klik kanan frame 2 - insert blank keyframe dan isi stage/lembar kerja tersebut dengan text sesuka hati sebagai penanda bahwa tombol tersebut berhasil. Kemudian tekan tombol ctrl+enter untuk mengeceknya, bila ada kesalahan ulangi dari awal dan bila masih salah silahkan tinggalkan pesan.