Tuesday, June 11, 2013

Tips Memilih Komputer/Laptop Murah Berkualitas Baik

Komputer/Laptop yang sempurna adalah Komputer yang memiliki fleksibilitas dan propabilitas yang bagus, serta dekstop yang stasioner. Namun Komputer/Laptop tersebut tergolong cukup mahal berkisar sekitar Rp 10jt keatas. Tetapi kita juga bisa memiliki komputer/laptop tersebut dengan hanya harga dibawah Rp 10jt, itupun jika anda cerdik dalam memilih komputer/Laptop. Berikut ada beberapa tips memilih komputer/laptop murah dan berkualitas tinggi.
  1. Processor
    Ketika anda membeli komputer/laptop lihatlah kecepatan processor tersebut, kecepatan processor diukur dalam gigahertz(GHz). beberapa laptop memiliki dual-core, yang berarti komputer/laptop memiliki processor independen dalam satu chip yang bekerja secara bersamaan untuk meningkatkan kinerja komputer/laptop. komputer/laptop seperti ini lebih cepat dan efisien, yang pada dasarnya memberi anda 2 mikroprocessor dalam harga 1. Namun seiring berkembangnya zaman processor kini berkembang menjadi i3,i4 dan seterunya, yang artinya processor tersebut memiliki lebih dari 2 mikroprocessor dalam harga 1. ketika membeli komp/laptop/notebook periksalah kecepatan processor tersebut. sebuah komputer/laptop/notebook yang bagus minimal memiliki kecepatan 1GHz.
  2. RAM (random acces memory)
    Semakin besar RAM semakin baik, semakin sedikit pula waktu processor untuk menunggu informasi. RAM secara signitifikan mempengaruhi kecepatan komputer/laptop. Anda dapat mengerjakan tugas pada komputer/laptop secara bersamaan tanpa memperlambat kinerja laptop. RAM yang bagus secara umum untuk komp/laptop/notebook adalah 1,5 GHz.
  3. VGA (video graphics adapter)
    VGA yang baik adalah VGA yang memiliki fleksibilitas yang bagus. Artinya VGA tersebut bagus untuk nonton vidio, bermain game, dll. Namun VGA sering menjadi kendala bagi para gamer. VGA yang bagus untuk bermain game berat sepert GTA, Battle field, NFS run, dll adalah VGA bermerk GTX560 Ti, GTX460 Ti ataupun AMD redeon. itupun harganya mencekik dompet. Namun anda bisa membeli komp/laptop yang tidak memiliki VGA onboard, yang artinya VGA tersebut bisa dilepasas pasang dan di upgrade. Walaupun anda memilik VGA yang minim asalkan buka onboard, itupun bisa menjadi baik.
  4. Hard Drive (HD)
    HD internal adalah tempat penyempinan data seperti file,musick,vidio,program,dll. kapasitas HD diukur dalam gigabiyts (GB). Komp/Laptop murah sekarang minimal menawarkan 30GB, itupun sudah mencukupi untuk menyimpan tugas dan teks dalam kurun waktu lama. Tapi jika anda penkoleksi movies, game, dan prangkat lunak lainya anda membutuhkan HD lebih dari 30GB. Dipasaran saat inipun Laptop memiliki kapasitas HD minimal 100GB. Namun bila anda terlanjur membeli komp/Laptop berkapasitas rendah itu bukanlah suatau hambatan. karena di toko PC saat ini juga menyediakan HD eksternal yang bisa lepas pasang layaknya flasdisk.
  5. Extra Features
    Carilah Komputer/Laptop yang memiliki fitur tambahan seperti WebCam, Sidik jari scanner, dan software prainstal lainya. semua hal baik harus dicari dalam sebuah komputer/laptop.
  6. Screen
    Saat anda membeli komputer pilihlah yang memiliki layar LCD karana baik untuk kesehatan mata, untuk laptop anda harus memeriksanya dulu, cara memeriksanya cukup simple, anda hanya perlu melihat screen tersebut ditempat terang (penerangan paling bagus menggunakan cahaya matahari yang tidak berlebihan, seperti di teras). Apabila screen laptop tersebut berwarna hitam artinya screen tersebut tahan panas, dan apabila screen laptop berwarna hijau kecoklatan/yang lainya artinya laptop tersebut tidak tahan panas dan mudah rusak bila anda sering menutup bila habis menghidupkan laptop.
  7. Segel
    Ini adalah hal sepele namun perlu untuk diperhatikan. Priksalah segel yang terdapat pada komputer/laptop, biasanya segel terletak pada lubang baut, bagian-bagian yang dapat dilepas pasang, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memeriksa keaslian dari mesin tersebut. Bila segel rusak itu tandanya mesin tersebut telah tersentuh tangan manusia/telah terganti dengan mesin yang lain. Biasanya ini berlaku pada komputer/laptop bekas. Namun bila beli yang baru tidak salahnya dipriksa untuk menghindari penipuan.
Nahh itulah hal-hal yang harus kita teliti dalam membeli laptop murah berkualitas baik. Saya sebagai admin hanya bisa berpesan untuk mencari hal baik dalam laptop sebanyaknya. jangan hal buruknya saja, karna hal buruk pada laptop/komputer bisa diperbaiki, sedangkan hal baik lebih menguntungkan.